Pertanyaan CB 1 (Kenalilah Diri Sendiri)

Mencari tahu penilaian orang lain (orang dekat, yang mau dan berani secara jujur dan terbuka memberikan penilaian tentang diri kita, dari segi kelebihan dan kekurangan) terhadap diri sendiri, secara tertulis, dari minimal 3 orang. Lalu merangkum semua pendapat/penilaian itu dan membandingkannya dengan pandangan sendiri terhadap diri sendiri. Hasil perbandingannya bagaimana, apa makna yang Anda dapatkan dari kegiatan ini, dan bagaimana Anda menyikapi hasil itu?

======== Jawaban :

Penilaian orang terhadap saya adalah :

a. Orang Pertama yang bernama Meta Yunita (teman kenalan) menilai saya sebagai berikut :

  • Kelebihan yang saya miliki yaitu :smart, mudah bergaul, kritis
  • Kekurangan: terlalu memendam perasaan, kurang tegas, tertutup

b. Orang Kedua yang bernama Margawitra Lia (teman sekantor) menilai saya sebagai berikut :

  • Kelebihan yang saya miliki yaitu : pinter, mandiri, dan berani
  • Kekurangan yang saya miliki yaitu : kadang suka keras kepala, kurang dewasa saat menghadapi masalah, dan bahasa nya sulit dimengerti.

c Orang Ketiga yang bernama Hendri Ferdiansyah (teman karib) menilai saya sebagai berikut

  • Kelebihan yang saya miliki yaitu : memiliki tali pertemanan yang baik, mau belajar terhadap sesuatu yang baru, fokus terhadap satu hal yang penting dan urgent, berbicara apa adanya, positive thinkin, memberi tanpa pamrih, sederhana, taat terhadap aturan aturan yang telah disetujui ama dirinya, berpikiran panjang ke depan
  • Kekurangan yang saya miliki yaitu : terlalu menganalisa segala sesuatu ampe detail, kurang dapat membagi waktu, gampang jatuh di dalam masalah, pemalu, susah mengambil keputusan

d Orang Keempat yang bernama Hatta (adik saya) menilai saya sebagai berikut :

  • Kelebihan yang saya miliki yaitu : jiwa nya pemberani, mandiri mengatasi masalah, disiplin waktu, bertanggung jawab, memiliki kesetiaan tinggi dalam berteman, pintar, suka menolong orang.
  • Kekurangan yang saya miliki yaitu : kurang sosialisasi(pemalu), teledor dan kadang mudah putus asa dan kurang dapat mengatasi masalah sendiri.

Dari ungkapan yang diberikan oleh ke empat orang tersebut yang posisi atau kedudukan nya sebagai teman dekat, teman sohib, adik dan teman kenalan/jauh. Kelebihan yang diungkapkan oleh 4 tokoh tersebut adalah pintar, mandiri, dan disiplin. Sementara kekurangan yang paling banyak diungkapkan adalah : pemalu(kurang bersosialisasi)dan kurang dewasa dalam menghadapi masalah.

Dan menurut saya sendiri, kelebihan yang mungkin ada dalam diri saya adalah : saya mandiri dan berjiwa semangat dalam mencapai sesuatu atau target, dan memiliki jiwa pertemanan yang tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Kekurangan yang ada dalam diri saya : saya terkadang mudah putus asa, tidak bisa berdiri sendiri dalam mengatasi suatu masalah, dan pendiem/pemalu sehingga kurang mudah bersosialisasi.

Dari ke empat pandangan tersebut dapat diperbandingkan bahwa teman sohib dan adik sendirilah yang mungkin akan lebih banyak tau kekurangan dan kelebihan terhadap diri kita dikarenakan lebih sering bersama dan lebih mengenal lebih dekat diri kita. Oleh karena itu berdasarkan apa yang diungkapkan oleh teman, adik saya dan menurut pandangan terhadap dalam diri saya sendri dapat ditarik kelebihan dan kekurangan kita yang paling menonjol yaitu seperti :

Berjiwa mandiri yaitu saya dapat memanajemen diri saya sendiri yang dikarenakan diri saya jauh dari keluarga, berjiwa semangat dalam meraih target/impian yang dikarenakan diri saya terus mencoba sesuatu hal baru dan dapat memotivasi diri sendiri mendapatkan yang lebih baik; memiliki jiwa pertemanan yang solid dan membina hubungan erat dalam silaturahmi tidak mudah melupakan persahabatan yang ada.

Pemalu dan susah berteman dikarenakan saya mengobrol apa adanya, mudah putus asa jika mecoba sesuatu tetapi tidak seperti yang diharapkan.

Kurang dapat mengatasi masalah sendiri karena cenderung mendengarkan saran atau pandangan orang lain dan kurang bersikap agar masalah dapat selesai dengan cepat.

Makna yang dapat diambil dari pengungkapan kelebihan dan kekurangan ini menjadikan saya dapat mengetahui pandangan orang lebih jauh terhadap diri saya dan bagaimana orang-orang mengenal saya dan bagaimna cara saya menutupi atau mulai membenahi diri menutupi kekurangan yang saya miliki agar dapat lebih maju dan dapat meraih target dan impian yang ingin saya capai. Dan dari pengungkapan ini juga saya tidak hanya mengenal diri saya kelebihan dan kekurangn yang saya miliki dari sudut pandang diri saya saja tetapi bisa melihat pandangan orang yang baru mengenal dan sudah mengenal saya sekian lama sehingga benar-benar dapat memotivasi untuk mengoreksi diri sendiri lebih dalam. Saya berharap agar dapat memajukan diri saya dikemudian hari dan selalu terus mengkoreksi kelemahan dan mengembangkan kelebihan diri.

Apapun yang dipandang terhadap diri saya, akan selalu memajukan diri saya sebagai patokan kekurang,kelebihan serta menerima apapun walau terlihat mengganjal dan menurut saya tidak benar tapi harus menyikapi nya dengan sewajarnya untuk memajukan potensi diri saya dan menutupi agar lebih berkembang.

===== Terima Kasih =====

This entry was posted in Pertanyaan CB. Bookmark the permalink.

One Response to Pertanyaan CB 1 (Kenalilah Diri Sendiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *